Baru* Kategori tutorial yang mungkin dapat membantu anda. Bila ada saran dan komentar silahkan isi di kotak yang sudah tersedia atau E-mail ke rama.ripper@gmail.com

Berapa Besar Memory VGA yang Gamer Perlukan…?

Ketika gamer akan membeli sebuah kartu grafis, bagian yang biasanya menyulitkan adalah pilihan jumlah memory yang dipasang pada kartu grafis tersebut. Apakah gamer memerlukan 128, 256, 512, 768 Mb atau 1GB memory ? Ketika dihadapkan dengan pilihan semacam itu, konsumen cenderung memilih angka yang paling besar. Menurut survey, sediki sekali dari konsumen IT yang paham benar mengenai apa itu ‘megabyte’,’megahertz’ dan bahkan istilah ‘mega’ dibuat rancu dengan mencampuradukkan keduanya. “Pak saya mau membeli VGA 256 mega!”, sering sekali terdengar di tempat penjualan komponen computer.


KONSEP AWAL
Sebuah VGA card atau juga disebut kartu grafis, terdiri dari GPU dan VRAM. GPU adalah sentral pemprosesan data, kecepatannya diukur dalam ‘MegaHertz’ atau MHz. Sedangkan VRAM diukur dalam satuan kapasitas atau ‘MegaBytes’ atau MB. Keduanya tidak bisa dipisahkan, dan kalau hanya disebutkan ‘256 mega’, itu bisa diartikan 256 MegaBytes, bisa juga 256 MegaHertz. Jangan khawatir, penjual tidak akan kebingungan membedakannya, tapi terkadang perdagang yang ‘nakal’ akan memberi gamer kartu grafis 512MB dengan harga sama atau malah lebih murah dari yang 256MB, persis seperti itu yang anda inginkan, tetapi dengan konsekuensi, performa yang jelek dibandingkan kartu grafis yang 256MB. Hal itu bisa saja terjadi pada gamer apabila tidak teliti dalam memilih.
PENGUJIAN DAN KOMPARASI
Setelah dilakukan pengujian dengan menggunakan kartu-kartu gravis berikut : GeForce 8400GS TC 1GB, GeForce 7600GT 512MB, GeForce 8800GT 512 MB, Radeon HD 2600Pro 256MB, Radeon X1950XT 256MB, Radeon HD 3850 256MB, dan Radeon HD 4850 512MB. Terlihat pada grafik pengujian gamer Elder Scrolls: Oblivion, FPS yang didapat tidak berantung pada besarnya memory kartu grafis, tetapi pada jenis GPU dan clockspeed baik GPU maupun VRAM.
Jadi..? Masih berpikir untuk mencari kartu grafis dengan memory 2GB…?


Baca juga Ini yah :



0 Komentar:

Post a Comment